Teknologi Internet Super Cepat

Diposting oleh parvidia | 15.54.00 | | 0 komentar »

Banyak pengguna internet di Indonesia mengeluhkan lambatnya akses internet yang tersedia, meskipun saat ini hampir semua penyedia operator internet telah menyediakan akses dengan pita lebar baik yang fixed maupun bergerak.

Sebenarnya dinegara - negara maju telah lama berkembang teknologi WIMAX atau Worldwide Inter-operability for Microwave Access dan LTE (Long Term Evolution). Ini adalah sebuah teknologi internet super cepat. Namun tampaknya, para pengguna internet di Indonesia masih harus bersabar lebih lama lagi untuk dapat menikmati teknologi ini.

Meskipun kini, beberapa operator seluler seperti Telkomsel dan Indosat telah / akan segera menerapkan teknologi ini, yang diberi nama HSPA+ (High Speed Packet Access Plus).

HSPA+ ini merupakan pengembangan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access dan HSUPA (High Speed Uplink Packet Access) yang telah digunakan hampir seluruh operator seluler di Indonesia, namun permasalahan besar dari teknologi ini adalah koneksi akan semakin lambat seiring bertambahnya jumlah pelanggannya.

Dengan hadirnya HSPA+ ini, maka masalah diatas akan mampu diatasi, karena dengan spektrum yang lebih luas ketimbang HSDPA dan HSUPA, HSPA+ mampu mendukung multiple input multiple output dan modulasi yang lebih tinggi. Bahkan rilis tujuh dan rilis delapan dari teknologi HSPA+ ini akan mencapai kecepatan 42Mbps dan 80Mbps dan akan bersaing dengan teknologi LTE yang mampu mencapai kecepatan 100Mbps. Bayangkan dengan teknologi HSDPA / HSUPA yang baru mencapai kecepatan maksimal 7.2Mbps (3.75G).

Cari GSM modem 7.2Mbps? GSM Modem <== klik disini

Sebenarnya LTE ini merupakan pengembangan dari HSPA dan HSDPA, bahkan LTE bisa memberikan kecepatan hingga 100Mbps, namun untuk dapat mengadopsi teknologi ini, operator akan membutuhkan dana yang cukup besar, sementara teknologi HSPA+ sudah kompetible dengan infrastruktur yang ada saat ini.

Padahal teknologi HSPA+ ini sudah lama digunakan di lebih dari 100 negara didunia. Teknologi HSPA+ ini terus berkembang, dan diperkirakan akan mencapai 1 miliar pengguna didunia pada tahun 2012. Dan Indonesia baru akan memulai di tahun 2010, semoga saja!

Sementara itu diberitakan bahwa Ericsson baru akan mencoba teknologi LTE ditahun 2010 bekerjasama dengan grup SingTel.

pVidia.com menyediakan berbagai GSM / CDMA Modem dengan teknologi HSDPA / HSUPA, lihat gambar dan daftar harganya di: Mobile Internet <== klik disini

Ingin membagi article ini dengan teman anda: Click Here To Tweet


Regards,
Eddy
www.pvidia.com

0 komentar