5 Tools dari Google Untuk Riset Pasar

Diposting oleh parvidia | 10.32.00 | 0 komentar »

Banyak sudah tool-tool yang disediakan Google bagi para Internet Marketing. Apapun bidang bisnis yang ingin anda masuki, maka ke 5 tool gratis dari Google ini akan sangat membantu anda dalam melakukan Riset Pasar bagi produk anda. Anda senantiasa sebaiknya melakukan riset ini secara konstan, tidak hanya ketika anda pertama kali melakukan set up bisnis anda. Bisnis online adalah bisnis yang terus berkembang dengan sangat cepatnya, jika anda tidak bisa mengikuti perkembangannya maka anda akan tertinggal.

Ke lima tools yang akan saya bahas ini, akan sangat membantu anda untuk tetap exist di market anda.

Tool 1 - Related Searches And Wonder Wheel

Ketika anda mengetik sebuah kata pada kotak pencarian Google anda akan menemukan sebuah kotak drop down yang memberikan anda beberapa alternatif yang berhubungan dengan kata yang anda ketik. Tulis pada secarik kertas, mungkin beberapa dari kata tersebut berguna pada tool yang lain.

Baru baru ini Google merilis Wonder Wheel yang juga merupakan tool untuk mencari kata kunci yang berkaitan dengan kata yang kita cari yang ditampilkan dalam format mind map. Anda dapat mengklik phrase yang berkaitan untuk menemukan lebih banyak phrase

Catatan: Wonder Wheel pernah saya bahas tersendiri di http://pvidia.blogspot.com/2009/06/tool-baru-untuk-riset-kata-kunci.html

Tool 2 - Adwords Keyword Tool

Kita semua tahu bahwa kata kunci sangatlah penting dalam pencarian pada search engine. Google telah menyediakan kita sebuah tool yang bisa mengatakan kata kunci apa yang paling sering di cari orang ketika sedang mencari sesuatu.

AdWords Tool sangat berguna karena ia bisa menampilkan jumlah pencarian sesungguhnya dari sebuah kata kunci. Kita juga bisa melihat seberapa tinggi persaingan pada kata kunci tersebut.

Tool 3 - Google Trends

Setelah anda menemukan kata kunci yang pas untuk produk anda, kini saatnya anda mencari tahu trend dari kata kunci tersebut dengan menggunakan Google Trend. Google Trends akan memberikan data yang anda cari selama 5 tahun ke belakang, dengan demikian anda bisa melihat konsistensi kata kunci tersebut. Anda juga bisa tahu apakah kata kunci tersebut populer pada waktu tertentu saja, yang biasa disebut sesional keywords

Hal lain yang juga penting dari Google Trends adalah kita bisa juga melihat popularitas sebuah kata kunci secara per negara, per kota, bahkan per bahasa. Ini penting apabila anda memiliki target market pada negara tertentu atau bahkan kota atau negara-negara dengan bahasa yang sama.

Tool 4 - Google Alerts

Jika anda ingin terus memantau perkembangan yang sedang marak pada market anda, maka anda bisa menggunakan Google Alerts. Anda cukup mendaftarkan semua kata kunci yang anda target pada Google Alerts, maka Google akan mengirimkan anda links melalui email tergantung type yang anda pilih.

Typenya bisa berita (news), web, blog, video & groups. Jika anda ingin memilih semuanya anda bisa pilih comprehensive. Anda juga bisa menentukan kapan Google akan mengirimkan link-link tersebut, bisa seketika itu juga, satu hari sekali atau seminggu sekali

Note: Google Alerts juga pernah saya singgung pada tulisan sebelumnya, bisa lihat di http://pvidia.blogspot.com/2008/07/bagaimana-membangun-external-link-part.html

Tool 5 - Google Web Search

Dan yang terakhir adalah, Google's standard web search. Disini anda bisa mendapatkan segala informasi yang anda cari bahkan lebih dari yang anda butuhkan

Jika anda memiliki website, maka sangat penting untuk website anda berada di 10 besar hasil pencarian Google. Disinilah pentingnya pengetahuan akan SEO (Search Engine Optimization), dengan menerapkan SEO yang benar maka website anda akan berpeluang masuk di 10 besar hasil pencarian Google.

Itulah ke lima tools dari Google yang bisa anda gunakan untuk melakukan riset dan mencari informasi tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Eddy
Pemilik www.pvidia.com
(Menjual berbagai peralatan Komputer dan perlengkapannya, baik Hardware maupun Software Asli)

0 komentar