Baru baru ini google me-release sebuah tool baru yang akan bisa meningkatkan kemampuan kita dalam melakukan riset kata kunci. Namanya adalah "Wonder Wheel" dan tool ini akan sangat membantu anda dalam mengembangkan dan mengeksplorasi kata kunci yang relevan atas topik sedang anda riset.

Ini adalah sebuah berita yang yang sangat bagus, terutama untuk para internet marketer. Sekarang kita bisa melihat secara tepat LSI keyword yang menurut google tepat untuk kita gunakan.

Note:
LSI = Latent Semantic Indexing, yang akan membantu google memahami kata kunci yang sedang anda cari.
Contoh: Jika anda mencari keyword "virus" google tidak tahu bahwa yang anda maksud adalah "virus" pada komputer bukan "virus" yang biasa menyerang manusia. Karena itu kita menggunakan LSI keyword seperti computer, dll untuk membantu google memahami apa yang anda cari.

Beberapa waktu lalu, saya sedang melakukan riset pada sebuah niche market baru dan saya ingin tahu topik apa yang sedang populer pada niche tersebut ketika itu. Dari pada menebak-nebak akhirnya saya mencoba tool google wonder wheel

Saya mengetik kata kunci utamanya untuk niche tersebut dan google wonder wheel memberi saya 8 kata kunci yang berhubungan dan yang paling populer pada niche tersebut. Ke delapan kata kunci tersebut sangat berbeda tentunya, namun ketika saya mencoba mengklik beberapa kata kunci tersebut, saya memperhatikan bahwa sebuah phrase yang spesifik terus muncul disitu.

Tentu saja semua kata kunci tersebut memiliki perbedaan variasi pada setiap phrasa-nya tetapi temanya tetap sama. Ini mengindikasikan bahwa sub-niche yang spesifik ini sangat populer pada niche utamanya.

Setelah itu saya mencoba melakuakn riset kata kunci dengan cara-cara yang biasa saya lakukan sebelumnya untuk sub-niche tersebut dan saya menemukan bahwa itu adalah kata kunci yang cukup populer dan saya yakin bahwa saya akan dapat dengan mudah menguasainya. Inilah sesuatu yang baru, dimana saya tidak akan dapat dengan mudah menemukan kata kunci tersebut tanpa bantuan google wonder wheel tersebut.

Bagi anda yang masih bingung dengan cara saya melakukan riset kata kunci...

Saya mengetik sebuah kata kunci di google dengan quotes. Dari situ saya bisa melihat berapa banyak tingkat persaingannya (terlihat di pojok kanan atas dimana tertulis 1 - 10 of xxxxxx).

Jika jumlahnya kurang dari 10.000 saya tahu bahwa kata kunci tersebut dapat dengan mudah saya kuasai. Tidak hanya sampai disitu saya juga akan mengeceknya di "keyword difficulty tool" untuk melihat seberapa sulit kata kunci tersebut.

Apabila saya mengetikan kata kunci saya dan mengklik submit pada "keyword difficult tool" dan kemudian saya mendapati scorenya kurang daro 40, maka saya cukup yakin bahwa saya akan dapat dengan mudah menguasai kata kunci tersebut.

Dimanakah anda bisa menemukan Google Wonder Wheel?

Ada bisa datang ke google.com seperti biasanya dan ketikkan kata kunci apa saja yang anda inginkan disitu. Begitu anda mendapatkan hasilnya, disana ada sebuah link yang tertulis "show options" terletak di sebelah kiri atas (persis dibawah dimana anda mengetikkan kata kunci tersebut).

Begitu anda mengklik link tersebut, disebelah kiri, google akan menampilkan beberapa menu pilihan untuk lebih mendalami riset anda dan salah satunya adalah "wonder wheel". Cobalah pada niche anda dan lihat apa yang google wonder wheel sajikan untuk anda.


Salam Sukses,
Eddy

0 komentar