Untuk mengidentifikasi virus komputer sebenarnya tidak sulit, caranya sebagai berikut:

1. Gunakanlah virus removal tools, seperti Kaspersky Virus Removal Tools (http://devbuilds.kaspersky-labs.com/devbuilds/AVPTool) atau Stinger dari McAfee, atau Dr Web Cure it (ftp.drweb.com/pub/drweb/cureit/launch.exe), atau Norman Malware Cleaner (http://normanasa.vo.llnwd.net/o29/public/Norman_Malware_Cleaner.exe). Download dan aktifkan tool tersebut maka anda akan segera tahu apakah komputer anda telah terinfeksi virus komputer atau tidak.

2. Awasi pesan-pesan unik virus yang keluar dari browser anda.

Apabila wallpaper pada komputer anda berganti menjadi Maximum Troxer (MaxTrox), maka besar kemungkinan komputer anda terinfeksi virus MaxTrox.

3. Task Manager, MS Config, CMD, Regedit tidak bisa di akses.

Kebanyakan virus komputer akan melakukan pemblokiran atas aplikasi-aplikasi tersebut diatas. Ini dilakukan agar supaya user tidak dapat mendeteksi dan menghapus virus tersebut dari komputernya.

Task Manager bisa menghentikan aktifitas virus yang sedang berjalan di memory, sedangkan MS Config mampu menghilangkan semua prosedur yang akan diaktifkan kitika user logon ke komputer.

Demikianlah yang akan dilakukan virus, untuk dapat mencegah segala cara yang bisa digunakan user untuk memadamkan proses virus.

4. Timbul ikon berektensi palsu. Adapun ikon yang paling suka dipalsukan oleh virus komputer adalah "MS Word" dan "Folder". Hal ini dilakukan untuk memperdaya user agar menjalankan file tersebut yang padahal sebenarnya adalah virus bukan file MS Word atau folder asli. Ikon lain yang sering dipalsukan adalah JPEG dan juga MS Excel.

Ada cukup banyak virus komputer yang bahkan bisa menyembunyikan exktensi file, dengan begitu user tidak bisa membedakan dengan mata telanjang mana file yang terserang virus dengan file MS Word asli tanpa suatu analisa lebih jauh.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana kita menghilangkan virus apabila aplikasi windows seperti Task Manager, MS Confog dan Regedit tidak bisa diakses?

Anda bisa menggunakan tool-tool yang disediakan oleh pehak ketiga, misalnya: Process Explorer. Jika ini tidak bisa juga, maka cobalah dengan tools lain yang banyak disediakan di internet. Bisa cari dan download di www.download.com

Ada beberapa utility sebagai alternatif apabila utility windows di blokir oleh virus:

1. Gunakan:
~ Process XP (http://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/default.aspx), atau
~ Security Task Manager (http://www.neuber.com/taskmanager/download.html), dan lain-lain, sebagai pengganti Task Manager

2. Sebagai pengganti MS Config bisa menggunakan:
~ a2hijackfree (http://www.hijackfree.com/en/processdetails/file167.aspx)
~ Comboscan (http://www.geekstogo.com/forum/Deckard-s-System-Scanner-formerly-Comboscan-file19.html)
~ HijackThis (http://www.bleepingcomputer.com/files/hijackthis.php)

Ketiga tools tersebut diatas performa-nya cukup baik dan saling melengkapi.

Jadi apabila komputer anda menunjukkan gejala-gejala seperti diatas, jangan panik segera scanning komputer anda dengan software antivirus terbaru. Proses scanning yang terbaik dalam kondisi Safe Mode.

Kami menyediakan berbagai softawre antivirus dengan harga yang bersaing. Silahkan lihat detail dan daftar harganya di:

http://www.pvidia.com/antivirus.php

Regards,
Eddy

0 komentar