Baru - baru ini microsoft me-launching search engine terbarunya dengan alamat www.bing.com. Para petinggi Microsoft mentargetkan bahwa dalam waktu 5 tahun kedepan Bing akan menjadi search engine terbesar ke dua setelah Google.

Dari sebuah laporan yang di rilis oleh StatCounter Global Stats bahwa search engine ini telah mampu mengambil sebagian market share google dan Yahoo di Amerika Serikat dan kini telah melampaui market share Yahoo. Meskipun begitu masih terlalu jauh unuk mengejar Google.

Dari laporan tersebut Google masih menjadi search engine terbesar dengan market share 71.47%, Bing 16.28% dan Yahoo 10.22%. Sedangkan secara global Bing telah sedikit malampaui Yahoo dengan Market Share 5.62% sedangkan yahoo sendiri 5.13%

Alhamdulilah beberapa website saya seperti www.pvidia.com, kirim-kirim.com dan lain-lain sudah ter-index oleh Bing Search Engine. Dibawah ini adalah gambar dari cpanel hosting pvidia.com yang menunjukan ada 155 traffic yang berasal dari searcg engine bing (gambar diambil tanggal 10 June 2009 jam 10:45)





Mengapa traffik disini disebutkan berasal dari External Links bukan Links dari Internet Search Engine? Ya... Bing adalah search engine baru jadi belum terdaftar di cpanel sehingga disebutkan traffic tersebut berasal dari external links.

Tampilan halaman depan Bing juga memiliki backgroud yang sangat menarik, dan juga ada pop up deskripsi website tersebut yang muncul disebelah kanan apabila mouse pointer kita arahkan ke area kanan dari masing-masing website yang muncul.

Lalu bagaimana agar website kita terindex oleh Bing? Saya juga masih blank bagaimana website kita bisa terindex oleh Bing, tapi jika sepintas kita lihat hasil yang di tampilkan oleh Bing hampir mirip dengan Google.

Sebagai pebisnis online, tentunya kita harus mencermati hal ini. Kita lihat saja bagaimana kedepannya pertarungan di arena search engine ini. Dan seperti yang pernah saya bahas beberapa waktu lalu mengenai tool baru dari google yaitu "Show Options" link dengan "Wonder Wheel"-nya tampak sekali bahwa Google terus menerus menambahkan fitur-fitur baru untuk tetap mempertahankan dominasi mereka di dunia search engine.

Note: Lihat article tentang Wonder Wheel di http://pvidia.blogspot.com/2009/06/tool-baru-untuk-riset-kata-kunci.html


Regards,
Eddy

0 komentar