Menjaga Kondisi & Kinerja Ponsel Kamera

Diposting oleh parvidia | 17.32.00 | | 0 komentar »

Article ini dikutip dari Kompas edisi 5 Februari 2007.

Kamera pada ponsel kini menjadi hal yang lumrah ditemui. Meski masih memiliki keterbatasan dan belum dapat menyaingi kemampuan kamera digital, namun dengan pengembangan yang dilakukan - misalnya penambahan lampu kilat pada ponsel dan penambahan resolusi - kini pengguna ponsel bisa mendapatkan foto dengan kualitas yang bagus.

Untuk lebih menjamin kualitas gambar yang dihasilkan, beberapa langkah berikut dapat dilakukan agar kondisi ponsel kamera bisa tetap optimal.

Yang pertama adalah bagian lensa. Bersihkan bagian ini secara rutin menggunakan kain lembut atau dengan kertas tissue khusus untuk lenssa. Hal ini dilakukan mengingat lensa pada ponsel kamera tersentuh jari tangan saat menelepon. Debu, minyak dan kotoran lain yang menempel kalau didiamkan terus menerus tentu akan mengganggu bukan?

Beberapa ponsel kamera melengkapi bagian lensanya dengan pelindung khusus - umumnya terbuat dari karet atau pastik - karena itu jangan lupa untuk selalu mengenakan pelindung ini saat kamera ponsel tidak diaktifkan. Bagi yang tidak dilengkapi dengan pelindung tadi, bisa digunakan semacam screen protector agar lensa bisa terhindar pula dari goresan.

Agar mendapat kualitas gambar terbaik, atur setelan pengambilan gambar semaksimal mungkin - dengan resiko ukuran file foto tersebut menjadi besar dan memakan memori ponsel. Dan untuk lebih memudahkan pencarian, beri nama foto satu per satu serta usahakan untuk menghapus foto yang sudah tidak dipakai lagi atau begitu selesai di-transfer ke komputer agar tetap ada ruang kosong pada memori.

Terakhir, untuk menjaga bagian-bagian lain dari ponsel. Misalnya saja untuk badan ponsel pengguna bisa menggunakan sarung ponsel - cara ini juga bisa menjaga tampilan tombol ponsel agar tidak tergores. Sementara untuk bagian LCD bisa digunakan screen protector dan jangan lupa untuk selalu membersihkan ponsel secara rutin. Selamat mencoba.

----
Articla ini juga bisa dibaca di http://pvidia-company.blogspot.com

0 komentar