Saat Mengganti "Power Supply"

Diposting oleh parvidia | 11.44.00 | | 0 komentar »

article ini dikutip dari harian Kompas edisi 21 Dec 2006

Kehadiran power supply pada sebuah komputer sangat penting agar dapat memasok listrik ke komponen-komponen komputer agar bisa berkerja sebagaimana mestinya. Oleh karena itu memastikan kondisi komponen yang satu ini menjadi hal yang tidak boleh luput dari perhatian para pemilik komputer untuk mengetahui apakah power supply masih bisa dipertahankan atau sudah waktunya diganti.

Ada beberapa hal yang membuat orang tak amu mengganti power supply komputernya. Yang pertama - dan yang menjadi sebab yang paling umum - adalah saat dilakukan upgrade. Komponen-komponen baru yang dipasang pada komputer biasanya menuntut daya listrik yang lebih besar, misalnya penggantian prosessor, VGA Card, CD Room, atau RAM yang memiliki spesifikasi yang lebih mampuni umumnya menuntut daya yang lebih besar pula.

Daya listrik yang tidak mencukupi tentu tidak akan membuat sistem dalam komputer bekerja sebagaimana mestinya. Akan lebih baik kalau menggunakan daya di atas yang dibutuhkan, misalnya kalau komputer membutuhkan daya 350 watt pengguna bisa memilih power supply dengan daya yang lebih besar agar saat melakukan upgrade yang "kecil" tidak perlu lagi mengganti power supply.

Hal lain yang membuat orang mengganti power supply-nya adalah saat komponen ini mulai mengalami gangguan dengan tandatanda antara lain: komputer tidak dapat dinyalakan sama sekali padahal semua kabel sudah terpasang dengan baik atau tiba-tiba saja komputer mati saat digunakan.

Selain tanda-tanda diatas, anda juga perlu memerhatikan kipas power supply apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. Kalau kipas tersebut mati, segera bawa power supply ke tempat servis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Atau akan lebih baik mengganti power supply dengan yang baru. Kipas power supply yang mati bisa membuat komponen ini mengalami gangguan yang dapat merambat ke komponen komputer yang lain. ASP

0 komentar