Dear Netpreneur :-)

Langkah pertama dalam memulai bisnis adalah menentukan target market anda. Kepada siapa anda ingin menjual produk-produk anda?

Untuk berhasil, anda harus menemukan sebuah market yang telah terbukti ada pembelinya. Banyak orang gagal dalam berbisnis, karena kebanyakan dari mereka gagal menemukan profitable market.

Untuk menemukan profitable market ini, tidak ada jalan lain selain anda harus melakukan riset sebelum memulai. Menjalankan bisnis, bukan suatu hal yang coba-coba. Karena coba-coba sama dengan perjudian. Bisa untung atau buntung. Melakukan sebuah riset sebelum memulai bisnis adalah suatu keharusan.

Prosesnya bisa diawali dengan brainstorming

Duduk dan tulis semua market yang ada dalam pikiran anda. Termasuk juga hoby dan ketertarikan anda pada ssesuatu sesuatu hal. Karena ini terkadang juga adalah sebuah market yang profitable.

Contoh, mungkin anda tertarik pada dunia komputer. Berapa banyak market yang bisa diciptakan dari komputer ini.

Software, hardware, accessories, networking, warnet, dll.

Dari setiap kategori market yang telah kita tuliskan, mungkin bisa dipersempit lagi, menjadi sub-market untuk menemukan target market yang lebih spesifik. Misalkan anda tertarik pada hardware. Tanyakan, hardware yang bagaimana? Branded Hardware atau Rakitan? Kapada siapa saya ingin menjualnya?

Semakin spesifik semakin baik. Gali lebih dalam lagi melalui search engine dengan keyword spesifik dari target market kita. Lihat dan perhatikan kata/keyword yang orang-orang tulis disitu. Mungkin bisa menjadi inspirasi buat kita.

Tidak cukup disitu, kunjungi juga market seperti Ebay, Clickbank, Froogle, YahooShopping, Amazon, dll. Cari tahu produk apa yang paling diminati orang disitu. Cari tahu juga, apakah produk/jasa yang akan kita pasarkan ada peminatnya disana. Karena mereka ini adalah pasar terbesar di dunia internet.

Akhirnya, anda harus menemukan market apa yang profitable.

Setelah itu, anda juga harus mencari tahu siapa pemain besarnya di market yang anda pilih. Produk apa saja yang mereka jual? Apakah low end produk? Luxury? dll.

Dengan riset, akan memberikan informasi yang sangat jelas bagi anda, bukan hanya sekedar apa yang diinginkan oleh pasar tersebut.

Cukup disini dulu deh ... nanti saya sambung lagi.


Regards,
Eddy
Owner of www.pvidia.com

0 komentar