Bagaimana Membangun Backlink

Diposting oleh parvidia | 18.39.00 | | 2 komentar »

Bagi anda yang sudah lama berkecimpung di dunia online, tentu sudah paham bahwa traffic adalah darahnya bisnis online. Sebaik apapun website yang kita bangun, sebagus apapun produk yang kita miliki, namun jika kita gagal mendatangkan traffic maka itu semua menjadi tidak berarti.
Namun traffic yang ingin kita datangkanpun mesti traffic yang memang kita tuju, yaitu orang-orang yang memang tertarik dengan produk yang kita tawarkan.
Mendatangkan traffic bisa dilakukan dengan dua cara: berbayar & gratis. Cara yang paling mudah adalah dengan beriklan di PPC (Pay Per Click). Ada banyak website yang menawarkan program periklanan PPC ini, tinggal anda search saja di Google dan andapun dapat menemukan lebih dari yang anda butuhkan. Contohnya seperti Google AdWords.
Selain iklan PPC ada banyak program periklanan lain seperti membeli Text Links atau menaruh Banner pada website lain yang memiliki jumlah pengunjung yang ramai, seperti di http://www.pvidia.com/ misalnya :)
Namun cara ini terkadang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Apalagi jika kita tidak bisa mengontrol biaya iklan ini, dan ketika budget beriklan kita habis maka habis pula traffic yang datang ke website kita :(
Cara yang paling murah meriah bahkan gratis adalah dengan melakukan optimisasi terhadap website kita sehingga bisa menduduki posisi paling tidak masuk kedalam 10 besar di Search Engine besar seperti Google, Yahoo & Windows Live. Tapi ini bukan pekerjaan mudah yang bisa dilakukan semua orang. Ada jutaan website yang siap bertarung untuk memperebutkan posisi itu.
Optimisasi dilakukan dengan 2 cara yakni on page optimization dan off page optimization. Kedua-duanya sama pentingnya untuk dilakukan agar mendapatkan posisi tinggi di search engine.
On page optimisation adalah bagaimana kita membuat agar website kita tidak hanya menarik bagi mata manusia dan juga bagus bagi robot search engine. Tidak ada gunanya jika website yang kita di bangun hanya bagus menurut mata manusia namun tidak menurut robot search engine. Percayalah teman, itu hanya buang buang waktu saja.
Melakukan off page optimization juga tidak kalah pentingnya. Off Page Optimisation dilakukan dengan dengan 2 cara, yang saya sebut dengan membangun internal link & external link.
Disinilah PERTARUNGAN sesungguhnya terjadi ketika memperebutkan posisi 10 besar search engine.
Hampir semua orang sudah tahu bagaimana cara melakukan on page optimisation. Ada banyak sekali ebook-ebook yang bertebarana di internet yang membahas tentang on page optomisation. Nah, jika sebuah website sudah bagus dilihat mata manusia dan juga di mata robot search engine.
Maka bersiaplah untuk masuk ketahapan berikutnya. Pertarungan sesungguhnya akan terjadi disini, seberapa besar kemampuan anda membangun INTERNAL LINK & EXTERNAL LINK.
Mengapa saya katakan disinilah pertarungan sesungguhnya akan terjadi?
Karena ketika melakukan on page optimisation anda memiliki kontrol penuh dalam melakukannya, sementara pada off page optimisation, terutama pada kegiatan membangun EXTERNAL LINK ada pihak lain yang diluar anda yang akan terlibat didalamnya. Dan anda tidak memiliki kontrol penuh terhadap mereka.

Yang sering disarankan dalam berbagai buku SEO dalam membangun External Link adalah dengan meminta melalui pada webmaster situs yang memiliki page rank tinggi untuk menaruh link webiste kita di websitenya. Permasalahannya adalah bagaimana meyakinkan si pemilik website tersebut untuk menaruh link website kita di situsnya tanpa kita memberikan kompensasi apapun kepadanya.

Dengan sedikit kreatifitas, sebenarnya banyak cara mudah dan gratis untuk mendapatkan tarffic dan Backlink / External link berkualitas ke website kita.
Diantaranya beberapa yang sering saya lakukan adalah dengan memanfaatkan situs situs besar seperti: Yahoo, Ebay, Amazon, dan Google. Saya akan jelaskan bagaimana memanfaatkan mereka dengan sedikit trik untuk kepentingan bisnis saya pada kesempatan lain.
Ada juga cara mudah, yang juga sering saya lakukan yakni dengan menggunakan Article Marketing. Triknya adalah dengan membangun Publisher List. Mangapa publisher list? Bukankah, yang harus kita bangun adalah Customer List? Customer list itu penting, namun juga tidak kalah pentingnya dalam bisnis online adalah membangun Publisher list?
Untuk apa mereka? Jadi apabila kita membuat sebuah article seperti ini, lalu posting aricle tersebut ke website/blog kita, kemudian kirim article tersebut (yang tentunya ada link ke website kita) ke semua publisher list yang kita punya agar mereka dapat menaruh article tersebut pada blognya. Dengan begitu kita akan mendapatkan external link yang banyak.
Ini adalah pola kerjasama win-win solution. Mereka mendapatkan content untuk blog/websitenya, kita mendapatkan external link atas article tersebut. Salah satu yang terus saya ingat ketika seminar dengan Ewen Chia, dia mengatakan bahwa salah satu kunci sukses bisnis online adalah "Willing To Work For Free".

Jadi apabila ada satu produk yang ingin saya optimise, saya cari kata kunci yang sering dicari orang melalui Google Trend, lalu cari article yang berkaitan dengan kata kunci tersebut, kemudian tulis dengan bahasa kita sendiri (agar tidak dibilang duplicate content oleh Google). Kemudian kirim ke publisher List yang kita punya. Dijamin dalam 3 - 4 hari halaman yang ingin kita optimise akan nangkring di top 10 Google.
Saya telah membuktikan hal itu. Salah satu website yang saya buat untuk kerjasama saya dengan pak Lutfiel http://www.kursus-bahasa.com/, website yang saya bangun dan di launching tidak lebih dari 1 (satu) minggu sudah nangkring di 10 besar Google.co.id untuk kata kunci: kursus bahasa, kursus bahasa asing, kursus bahasa arab.
Demikian sedikit sharing dari saya.
Salam Sukses,
Eddy
Free ebook: "Notebook Guide"

2 komentar

  1. Anonim // Minggu, Juli 06, 2008 9:01:00 PM  

    New forum for seller and buyer
    http://www.sellerandbuyerforum.com

    Terima ksih

  2. erfiz // Minggu, April 12, 2009 1:35:00 AM  

    saran yang bagus dan mudah diterima saya rasa backlink itu juga penting walaupun orang tidak memperdulikan itu tapi robot lebih menilai popularity link itu sendiri untuk mendapat pr tinggi
    thanks visit my blog too http://egadged.blogspot.com