Bahayanya Perpendekan URL

Diposting oleh parvidia | 11.29.00 | | 0 komentar »

Seringkali kita menggunakan jasa/layanan untuk memperpendek URL, baik itu ketika kita menggunakan Twitter agar ruang yang terpakai bisa maksimal maupun ketika kita akan menawarkan sebuah link affiliasi agar tidak terlihat URL aslinya.

Banyak sekali website yang menyediakan jasa perpendek URL, seperti salah satunya yang terkenal adalah tinyurl.com.

Cukup praktis memang pemendekan URL ini, namun masalahnya adalah apakah url yang disingkat tersebut benar-benar akan membawa kita ke website yang di maksud? Berdasarkan pantauan MessageLabs Intelligence, diperkirakan 2% dari total spam yang ada berasal dari url yang di perpendek tersebut.

Untuk mengatasi spam yang model seperti ini, kita bisa menggunakan jasa TinyURL Decoder (http://kiserai.net/turl.pl) atau UnTiny (http://www.untiny.com), ketik/paste URL mini itu ke books yang telah disediakan, dan andapun akan menerima link ke URL yang sesungguhnya yang panjang itu. Jika URL tersebut kelihatan mencurigakan atau tidak seperti yang anda harapkan, jangan di klik.

Jasa dari TinyURL saat ini hanya bisa digunakan apabila pemendekan URL tersebut dilakukan melalui TinyURL.com, namun begitu kita juga bisa menggunakan jasa UnTiny, karena ia telah mendukung lebih dari 160 layanan pemendekan URL.

Juga tersedia add-on dengan nama Quick Use yang memungkinkan user mengekstrak URL Shortening itu langsung dari bar browser anda.


Regards,
Eddy
Tweet Here

0 komentar