Membangun Backlinks (external link) adalah bagian terpenting dalam bisnis online, namun bagi kebanyakan pemilik bisnis online, pekerjaan ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa tips & tools untuk mempermudah anda dalam rangka membangun external link yang berkualitas.

Google Alerts
Google alerts adalah free program dari Google yang memungkinkan anda melacak & memantau setiap topic yang muncul di internet. Anda tinggal memilih keywords anda atau urls dan google akan memberitahu anda melalui email setiap links/content baru yang di posting ke internet dan berhubungan dengan kata kunci yang anda pilih.

Ini adalah cara cerdik untuk mendapatkan segala informasi tentang perkembangan bisnis anda. Dan juga membuat anda selalu mendapatkan update terkini tentang bisnis anda. Ini juga membuat anda bisa melihat/memantau apa yang dilakukan pesaing-pesaing anda.

Contoh: Jika anda punya sebuah website tentang "Komputer" lalu anda membuat Google Alert untuk keywords tersebut. Maka Google akan memberitahu anda melalui email setiap link/halaman baru yang di upload ke internet yang berhubungan dengan kata kunci yang anda pilih.

Dengan begitu anda selalu memperoleh berita terbaru tentang bisnis anda dan juga berarti peluang bagi anda untuk mendapatkan "Link Partner" yang berhubungan dengan niche anda, karena banyak dari link itu adalah sebuah blog dan biasanya mereka membolehkan anda memberikan komentar atas topik yang sedang dibahas, dengan memberikan komentar anda pada blog tersebut anda akan mendapatkan link back (external link) ke website anda.

Google Alerts biasanya akan mengirimkan 5-20 links setiap harinya, tergantung dari popularitas kata kunci yang anda pilih. Kunjungi blog/link tersebut, berikan komentar anda pada topik tersebut.

Jangan melakukan SPAM!!!

Ingat!!! Jangan melakukan SPAM. Kebanyakan dibalik blog-blog tersebut adalah orang-orang cerdas, dan mereka akan segera mengenali anda telah melakukan "Keyword Spam". Tujuan utama anda andalah mendapatkan external link dan traffic. Selalu pahami dulu topiknya. Jangan berbicara tentang website atau produk anda. Berikan komentar/pendapat/saran yang sewajarnya tentang topik yang dibahas. Anda bisa memberikan link anda pada akhir komentar/pendapat/saran anda pada bagian signature.

Karena tujuan utama anda ingin mendapatkan traffic, jangan khawatir apabila ada atribute "no follow" pada link tersebut. Tapi jika anda concern tentang ini, biasanya yang saya lakukan adalah melihat "source code" dari link tersebut apakah ada atribut "no follow"-nya atau tidak. Caranya copy semua sorce code dari link tersebut ke text editor lalu search apakah ada kata "no follow" pada link/halaman tersebut.

Bagi saya sendiri atribut no follow tidak menjadi concern saya. Ingat, link/site ini adalah link/site yang selalu dan telah di index dan di-spider oleh google, sebab tidak mungkin anda mendapatkan "alerts" dari google apabila link/site tersebut tidak di index & di spider oleh google. Juga ingat, bahwa tidak semua search engine mempertimbangkan atribute "no follow" ini.

Sekali lagi, saya lebih concern pada targetted traffic bukan pada link strukturnya. Yang saya inginkan adalah traffic, jadi bagi saya tidak masalah apabila pada link tersebut ada atribut "no follow", karena biasanya pengunjung link tersebut akan tertarik untuk melihat dan mengklik informasi lain yang berkaitan dengan topik yang dibahas.

Cara Lain membangun External Link
Karena kali ini saya membahas bagaimana membangun external link, cara lain membangun external link adalah dengan menggunakan mesin pencari google. Jadi, jika anda mencari links yang berhubungan dengan bisnis anda, ketik saja:

"(keyword)" "Powered by (blog scripts)"

Contoh: jika anda mencari beberapa link yang berhubungan dengan kata kunci "Komputer" pada blog wordpress, maka ketik di google seperti ini:

"komputer" "powered by wordpress"

dan google akan memberi anda seluruh daftar website tentang komputer yang dibuat dengan blog wordpress.

Sekarang, jika anda mencari links yang membolehkan memberikan komentar atas topik yang dibahas, sekali lagi ketik di google:

"komputer" "powered by wordpress" "leave a comment" -"no comments"

Ingat, simbol "-" berarti blog yang tidak mengijinkan pengunjungnya memberikan komentar atas topik tersebut tidak perlu ditampilkan.

Jika anda concern dengan PageRank, jumlah External Links, Alexa Rank... anda bisa mendownload and install SEOQuake. SEO Plugin ini bisa di attached pada browser anda dan akan memberi SEO informasi atas link yang sedang anda lihat.

Ingat selalu, mencari external link yang berkualitas mungkin merupakan pekerjaan yang membosankan. Butuh waktu & kesabaran. Karena seperti yang saya tulis di Part I, disinilah pertarungan memperebutkan Top 10 rangking di search engine terjadi. Tetapi dengan menggunakan Google Alerts anda bisa mendapatkan link yang berhubungan dengan bisnis anda melalui email setiap hari. Gunakan informsi ini untuk membangun External Link yang berhubungan dengan niche anda. Lakukan hal ini secara konsisten selama beberapa waktu dan website anda akan mendapatkan banyak pengunjung dan rangking yang tinggi.

Regards,
Parvidia Pakaya

0 komentar