Pembajakan Software Asli Meningkat

Diposting oleh parvidia | 13.29.00 | | 0 komentar »

Baru baru ini Business Software Alliance (BSA) mengungkapkan bahwa pada tahun 2008 lalu pembajakan software asli justru semakin meningkat. Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh IDC bahwa 41% PC diseluruh dunia terinstall software illegal. Jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 38% ada peningkatan sebesar 3%. Pengiriman PC yang meningkat tajam ke negara - negara seperti Cina dan India di sebut - sebut sebagai pemicu meningkatnya pembajakan software asi tersebut.

Sementara itu software gratisan atau open-source menurut BSA hanya menyumbang 15% dari total PC yang di install dan software asli atau berbayar menyumbang 44%. Diperkirakan kerugian yang di alami oleh perusahaan-perusahhan pengembang software asli ini mendekati angka US$ 50 miliar.

Sedangkan As, Jepang, Selandia Baru dan Luxemburg dinilai sebagai negara-negara dengan tingkat pembajakan terendah, dimana tingkat pembajakannya hanya mencapai 20%. Dan negara-negara dengan tingkat pembajakan tertinggi adalah Armenia, Banglades, Georgia dan Zimbabwe yang mencapai nilai lebih dari 90%. Adapun kerugian terbesar akibat pembajakan software ini ditanggung oleh AS sebagai negara penyuplai software asli terbesar didunia. Kerugian itu diperkirakan mencapai US$ 9.1 miliar.

Dari laporan BSA ini, paling tidak kita sedikit berlega hati katena Indonesia sama sekali tidak disebut-sebut dalam laporan ini. :)

0 komentar